Berlari Untuk Berbagi Menggelar Operasi Sumbing Bibir Dan Langitan Mulut Gratis Di Beberapa Wilayah Di Indonesia
2013-12-04 12:00:22

Pada hari ini, Sabtu 30 November 2013, bertempat di klinik Hayandra Jakarta, Berlari untuk Berbagi kembali menggelar aksi sosial Operasi Sumbing Bibir dan Langitan Mulut gratis bekerjasama dengan Yayasan Hayandra Peduli.

Aksi sosial ini adalah salah satu rangkaian dari program penggalangan dana yang telah dilakukan oleh lima pelari ‘Berlari untuk Berbagi’ dalam event Berlin Marathon 2013 pada 29 September kemarin. Kelima pelari yang telah mewujudkan komitmennya berlari 42 km dengan membawa visi amal dalam Berlin Marathon tersebut adalah Raty Ning, Melissa Karim, Ester Parapak, Alice Budisatrijo, dan Viga Nasution.

Program penggalangan dana yang mereka kumpulkan dalam Berlin Marathon kemarin bertujuan untuk membantu  3 yayasan sosial diantaranya Yayasan Hayandra Peduli yang fokus pada bantuan operasi sumbing bibir dan langitan mulut gratis bagi anak-anak Indonesia yang kurang mampu, Yayasan Wisma Tuna Ganda fokus untuk bantuan perawatan pada anak-anak penyandang disabilitas ganda, dan sebuah Yayasan Kesehatan yang berada di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan yang bertujuan untuk meningkatkan beberapa fasilitas rumah sakit disana.

Raty Ning, CEO Pacto Ltd dan juga salah satu pelari Berlari untuk Berbagi yang ikut Berlin Marathon 2013 menyampaikan, “Berlari dengan membawa visi amal memang berbeda dengan hanya sekedar lari biasa. di Berlin Marathon kemarin, saya sudah mengalami kelelahan dan kehabisan energi pada jarak 25 km, tetapi mengingat komitment yang telah saya cetuskan kepada Yayasan Sosial yang akan dibantu dan amanat dari pada donatur yang telah menyumbang kepada Yayasan, saya terus bisa berlari. Dibenak saya adalah, saya harus finish, saya harus buktikan pada donator yang sudah mendukung, dan kepada anak-anak yang telah komit akan kita bantu bahwa saya harus pulang ke Indonesia dengan membawa hasil bagi mereka. Alhamdulillah, pada hari ini operasi bibir sumbing dan langitan mulut gratis untuk anak-anak Indonesia berhasil kami wujudkan, terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung sehingga visi sosial kita ini bisa tercapai.”

Dilain pihak,  Dr. Karina F Moegni, SpBP-RE, Ketua dan Pendiri Yayasan Hayandra Peduli, merasa senang dan berterimakasih kepada Berlari untuk Berbagi dan para donator, karena donasi yang terkumpul untuk Yayasan Hayandra Peduli mencukupi untuk membuat program operasi sumbing bibir dan langitan mulut gratis di 3 wilayah di Indonesia, yaitu NTT yang digelar pada awal November lalu, Jabodetabek yang digelar pada hari ini, dan Gorontalo yang rencananya akan digelar pada Januari 2014 mendatang.

Dr. Karina mengatakan, “Setelah sebelumnya kita melakukan operasi gratis di NTT dengan membantu 25 anak,  pada hari ini kita melakukan operasi gratis untuk wilayah Jabodetabek.  Kurang lebih 20 anak yang sudah terdaftar, dan mereka bukan dari wilayah Jakarta saja, namun juga beberapa dari wilayah Bandung dan Banten. Beberapa diantaranya sudah pernah mendapatkan operasi gratis dari pihak lain, namun sayangnya operasi tersebut tidak sampai ke operasi langitan mulut sehingga  kita perlu melakukan  proses penyempurnaan lagi sampai pasien bisa terlihat normal. Operasi langitan dilakukan supaya selain tampilan mendekati normal, penderita bibir sumbing diharapkan juga dapat berbicara dengan suara yang menyerupai orang normal,” ungkap Dr. Karina.

Dalam acara Operasi sumbing Bibir dan Langitan Mulut gratis  yang digelar tersebut,  hadir pula sejumlah pelari dari Berlari untuk Berbagi dan juga Sandiaga S. Uno, pencetus program amal Berlari untuk Berbagi yang dilahirkan dari idenya bagaimana agar hobi lari tersebut tidak hanya bisa menyenangkan diri kita sendiri tapi juga bisa memberi manfaat bagi orang banyak. .

Back